Liburan ke Derawan Selama 4 Hari 3 Malam Gratis (PART II)

Foto from: @Hvtrip

Baca Part 1 di sini ya:  PART I
Kunjungi juga Instagramku ya: @Rizqi11_

Yuk kita lanjut lagi ceritanya...

Pagi-pagi sekali sebelum matahari terbit aku bangun untuk melaksanakan sholat Subuh. Lalu karena penasaran dengan suasana pagi di Pulau yang baru pertama kali aku pijaki ini. Aku keluar resort dan jalan berkeliling Pulau sembari menunggu waktu sarapan. Ternyata suasana pagi di sini dengan di tempat asalku sangat jauh berbeda. Matahari memang sama-sama terbit tapi yang membedakannya ialah suasana damai yang didapatkan dari sini. Tidak terlalu sejuk  ditambah angin dari Laut yang menerjang pulau serta tubuhku. Sungguh pulau idaman yang dirindukan setiap orang.

Pkl. 08. 00. WITA kami dipanggil untuk sarapan di Restoran dengan menu yang telah disediakan. Seperti biasanya aku sarapan dengan menu yang ada seperti makanan berat berupa nasi, seafood dan sayuran lainnya ditambah dengan minumnya air putih dan segelas kopi hangat. Berbeda dengan kami, Josiah dan Meghan sarapan sekedar memakan roti dan segelas teh hangat.

Setelah sarapan, kami bersiap-siap untuk berlayar ke Destinasi berikutnya yaitu Pulau Sangalaki sekitar 40 menit perjalanan. Sebelum tiba ke Pulau Sangalaki kami menyempatkan berhenti di Tengah laut untuk snorkling karena keadaan laut sedang tenang dan cuaca juga mendukung. Kami menghabiskan waktu sekitar 30 menit untuk snorkling dan foto underwater

foto underwater

Setelah puas, kami melanjutkan perjalanan ke Pulau Sangalaki. Di Pulau Sangalaki, kami bertemu dengan penyu-penyu lucu nan imut yang dikumpulkan dalam sebuah kolam yang didapat dari dalam hutan yang ditinggalkan induknya dalam keadaan telur. Penyu-penyu itu diberi perawatan dan perlindungan dari hewan-hewan lain sampai waktunya tiba untuk kembali ke Laut. Selain melihat-lihat penyu, kami juga melakukan foto dan belajar cara mengonservasi Penyu dari petugas di sana. Setelah puas dengan Penyu, kami berkeliling Pulau sambil mengobrol dan bermain sekaligus foto-foto. Berbeda dengan kami, Meghan dan Josiah sibuk berfoto di sisi pantai sampai akhirnya kami memanggil mereka untuk segera berhenti dan kembali melanjutkan perjalanan. Tak lupa sebelum melanjutkan perjalanan, kami berfoto bersama sebagai bentuk kenang-kenangan.

ini foto penyu lucunya

foto bersama semua peserta trip

Perjalanan kami lanjutkan menuju Pulau Kakaban yang jaraknya tidak jauh dari Pulau Sangalaki. Di Pulau Kakaban kami mengunjungi Danau Ubur-ubur yang katanya tidak menyengat. Di sana kami langsung terjun ke air karena saking penasarannya dengan ubur-ubur itu. Benar saja, ketika kami berenang dengan ubur-ubur, kami tidak disengat. Malah ubur-ubur di sana sangat jinak. Terbukti ubur-ubur itu bisa kami pegang dan elus. Walaupun teksturnya agak kenyal-kenyal gitu seperti Jelly. Pantas saja disebut Jelly Fish.

ubur-uburnya aku pegang
Pengalaman baru kembali terukir di benakku, seumur hidup baru pertama kali berenang bersama gerombolan ubur-ubur yang baik. Seperti yang aku tahu sebelumnya dari Film Spongebob bahwa ubur-ubur itu menyengat, tapi ternyata tidak semuanya seperti itu. Di sini kamu bisa berenang bebas tanpa takut disengat maupun tersengat.

berpose dulu bersama ubur-ubur
Kami menghabiskan waktu selama beberapa jam sampai kami puas. Kami berfoto dan merekam video di dalam air untuk merayakan kesenangan kami berenang bersama para ubur-ubur baik ini. Setelah puas dengan Ubur-ubur, kami kembali ke Speed Boat. Tapi sebelum kembali ke Speed Boat, kami disuguhkan kelapa muda segar untuk sekedar menambah ion dalam tubuh yang semakin lelah dengan kesenangan ini. Meminum air kelapa sambil menikmati angin sepoi dan keindahan pulau serta lautan adalah pengalaman yang sangat indah dan patut dikenang apalagi bersama orang-orang hebat dan menyenangkan.

nikmatnya air kelapa di siang hari
Setelah beristirahat sejenak sambil menikmati segarnya air kelapa, kami melanjutkan perjalanan ke Pulau Maratua untuk berenang di Gua Haji Mangku. Gua ini letaknya di tengah hutan dan guanya terletak di bawah kaki seperti adanya retakan tanah yang membentuk gua ini. Gua ini ditemukan oleh Pak Haji Mangku. Sejak itulah gua ini dinamakan gua Haji mangku. Gua ini lebarnya sekitar 2-5 meter dengan kedalaman hingga beberapa meter. Di gua ini juga airnya sangat dingin dan sangat jernih sekali hingga bisa melihat sampai ke bawah dengan bantuan kacamata renang.

tampak dari atas

tampak underwater

Di Gua ini kamu bisa terjun dari atas, jangan khawatir jatuh terkena bebatuan karena di sini kedalamannya sangat dalam sekali sehingga kamu bisa bebas terjun, itupun kalau berani. Walaupun lebarnya tidak terlalu lebar tapi kami puas bisa berenang di sini dan menambah wawasan serta pengetahuan baru. Sekitar 45 menit kami berenang dan menghabiskan waktu di gua haji mangku. Hingga akhirnya kami merasa lelah dan memutuskan untuk kembali ke Resort.

Tidak terasa waktu sudah menunjukan Pkl. 16. 00. WITA dan kami melanjutkan perjalanan untuk kembali ke Resort di Pulau Maratua. Sesampainya di Resort kami langsung masuk ke kamar masing-masing untuk membersihkan diri dan berganti pakaian.

Suasana sore waktu itu serasa bagus sekali ditambah dengan balutan jingga yang terlukis di dinding-dinding langit. Kami bergegas membawa peralatan fotografi untuk kemudian pergi ke sisi pantai. Di sana sudah ada Wahyu dan Bayu yang sedang mempersiapkan untuk membuat video dan melakukan foto dengan alat yang lumayan lengkap. Seperti Handphone, Kamera serta Drone. Saya dan Fahmi ikut gabung serta melakukan hal yang sama yaitu berfoto.

Golden Sunset in Maratua Resort

Suasana waktu itu serasa di dunia dongeng yang mana kami menjadi pemain utamanya dan sekaligus si pembuat cerita. Menyenangkan sekali dan rasanya tidak ingat beban apapun yang menanti setelah kesenangan ini usai. Sampai waktu maghrib tiba dan siang berubah menjadi malam. Tandanya kami harus segera menyudahi kegiatan ini.

Malam kedua di Pulau Maratua, rasanya sedih karena ini merupakan malam terakhir di Pulau indah ini karena esok harus segera check out dan berpindah resort ke Pulau Kaniungan besar. Malam terakhir ini kami habiskan dengan melakukan makan malam terakhir di Restoran sekaligus melakukan Briefing untuk kegiatan esok hari.

Sesudah briefing usai, kami kembali ke Resort masing-masing karena rasanya hari ini lelahnya luar biasa jadi kami terpaksa harus segera istirahat karena esoknya pun kami harus segera bangun dan check out Pkl. 03. 00. Pagi. –selesai

Tunggu Part selanjutnya ya sekaligus Part terakhir dari kisah kesenangan ini yaa^^